Pengertian Teknologi Tepat Guna

Pengertian Teknologi Tepat Guna- Setelah Kemarin saya telah membuat sebuah artikel tentang Lampu Seumur Hidup Penemuan Mahasiswa Universitas Brawijaya, kini saya akan membuat sebuah artikel tentang Pengertian Teknologi Tepat Guna, Apasih Teknologi Tepat Guna Itu? dan apa saja contohnya? ok sekarang saya akan langsung menjabarkan Teknologi Tepat Guna dimulai dari pengertian, jenis hingga contoh barang yang termasuk Teknologi Tepat Guna.

1. Pengertian

Teknologi tepat guna adalah sebuah teknologi yang ditemukan untuk mempermudah pekerjaan manusia, untuk membantu menambah memproduksi sandang, pangan dan papan. Sebenarnya alat ini dibuat tidak dengan asal-asalan melainkan dipikirkan secara matang supaya dapat memudahkan pekerjaan manusia, baik itu memudahkan membuat sebuah makanan, baju, transportasi, dll yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia.
 
2. Jenis Jenis

Mengapa Teknologi Tepat guna dibedakan dengan jenis-jenisnya? itu semua karena kebutuhan manusia tidak hanya terpaku pada satu bidang, dan setiap bidang pasti ada alat atau barang yang termasuk Teknologi Tepat Guna, sehingga dapat disimpulkan bahwa Jenis-Jenisnya bisa terdiri dari bidang Pertanian, Transportasi, Usaha Kecil, Kedokteran dan Pendidikan.

3. Contoh

Jika tadi kita sudah membahas jenis-jenisnya, sekarang kita akan membahas contoh alat dari setiap jenis Teknologi Tepat Guna tersebut, cekidot!!!!

A. Bidang Pertanian


     Bidang pertanian merupakan salah satu bidang yang sangat digemari oleh warga desa, pasti kita akan melihat sebuah hamparan sawah jika kita sedang berlibur atau sedang pulang kampung, jika sawah sudah berwarna hijau itu artinya sawah baru ditanami padi, sedangkan jika sudah berwarn kuning itu artinya sawah sudah siap panen, tapi apakah kalian memikirkan cara mengolah tanahnya supaya tetap subur dan bagus jika ditanami padi kembali selain diberi pupuk? sesungguhnya proses pertama yang harus dilakukan sebelum menanam padi adalah mencangkul area sawah supaya tanah dari sawah tidak menjadi padat, dan akan baik lebih mudah untuk padi bertahan hidup. Namun manusia memikirkan jika kita harus mencangkul satu petak sawah saja memerlukan waktu 2 hari, bagaimana jika kita mencangkul satu hektar tanah? bayangkan saja oleh sobat tekib. Tapi karena manusia mempunyai akal, manusia mempunyai inisiatif untuk mengganti kebiasaan mencangkul manual dengan membajak sawah dengan kerbau, hal ini lebih meringankan beban petani, karena jika membajak dengan kerbau kita akan mendapatkan hasil yang lebih banyak dari mencangkul secara manual. Dunia semakin Modern, artinya manusia juga memikirkan untuk mengganti hewan sang pembajak sawah ( kerbau) itu diganti dengan alat yang lebih mudah merawat dan memberi asupan energinya ketimbang menggunakan hewan, manusia berfikir untuk membuat mesin traktor yang fungsinya sama percis dengan hewan sang pembajak sawah tersebut, selain lebih mudah merawatnya alat ini juga lebih mudah untuk mengisi energinya karena menggunakan solar dan akan mendapatkan hasil yang lebih banyak dari hewan pembajak sawah. Selain alat pembajak sawah juga ada penggunaan pupuk yang tadinya pupuk organik sekarang menggunakan pupuk buatan yang mengandung lebih banyak zat yang dibutuhkan tanaman.

B. Bidang Transportasi

     Untuk Bidang ini hampir setiap orang pernah menggunakannya, pertama kita menggunakan sepeda karena jika kita berjalan akan capek dan memakan waktu yang cukup lama, kemudian kita menggunakan sepeda motor karena menggunakan sepeda juga tetap saja capek dan waktu yang diperlukan lumayan lama jika dibandingkan dengan sepeda motor, kemudian kita akan menggunakan mobil karena jika menggunakan motor kita akan kepanasan jika musim kemarau dan akan kehujanan jika musim hujan dan mobil juga bisa mengangkut lebih banyak orang daripada motor, kemudian setelah mobil ada kereta, kapal laut dan pesawat. semua alat ini termasuk Teknologi Tepat Guna sobat tekib.

C. Bidang Usaha Kecil

      Dalam bidang ini kita mengambil contoh alat pengupas dan pemotong bawang, sehingga kita tidak perlu lagi mengeluarkan air mata hanya untuk mengupas dan memotong bawang, selain itu ada alat pengiris singkong, ubi dll, ada juga alat peniris kripik hasil penggorengan supaya kripik kita lebih renyah dan nikmat.

D. Bidang Kedokteran
      Dalam bidang ini kita ambil contoh proses melahirkan , jika dahulu para ibu-ibu harus bersusah payah dan bertaruh nyawa untuk melahirkan sang anak yang akan keluar untuk melihat dunia yang indah, sekarang ada proses operasi sesar supaya sang ibu tidak merasakan sakit yang amat sangat untuk melahirkan sang anak yang berada dalam kandungannya. contoh lain adalah proses khitanan yang dahulu menggunakan alat yang sangat tradisional menggunakan bambu, alang-alang atau gunting yang akan membuat rasa sakit bagi yang di khitanan, namun sekarang telah menggunaka laser supaya orang yang di khitan tidak merasakan sakit. ada pula menggunakan metode hipnotis.

E. Bidang Pendidikan
     Dalam bidang ini kita akan membahas dalam masalah mengajar, jika dahulu kita menulis menggunakan kapur yang membuat area disekeliling menjadi kotor dan berdebu berubah menggunakan spidol supaya tidak lagi ada debu kapur yang ada didalam ruangan kelas. semakin modern spidol tersebut sudah sangat digunakan karena para guru/dosen telah menggunakan laptop dan proyektor untuk mempermudah pengajaran dan mempersingkat waktu. namun sekarang kelas internet sudah ada , sehingga kita dapat belajar dimanapun yang kita inginkan. sungguh sangat besar kuasa Alloh swt. 

jadi kesimpulannya Teknologi Tepat Guna dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia yang terdiri dari berbagai macam jenis dan alat tersebut sangat sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment